Negara indonesia adalah negara yang mempunyai keanekaragaman suku, adat, budaya ataupun bahasa daerah. Itulah salah satu kekayaan terbesar yang dimiliki bangsa Indonesia. 
wayang kulit budaya jawa
Sebagai orang Indonesia, tentunya kita wajib tahu keseluruhan dari budaya Indonesia yang dimiliki oleh negara kita. Selain itu, kita juga harus berbangga diri dengan keragaman budaya yang ada karena Indonesia sangat kaya dengan budayanya sehingga anda akan selalu mendapatkan hal-hal baru jika kita berkunjung dari satu tempat di Indonesia ke tempat lain. tentunya hal ini menambah pengalaman anda dan juga menambah akan kecintaan kita terhadap budaya Indonesia sendiri yang bermacam-macam. Lalu apa sebenarnya kebudayaan Indonesia itu? Pengertian dari budaya Indonesia adalah ciri khas yang dimiliki oleh setiap suku atau daerah yang ada di Indonesia. Berikut adalah beberapa hal yang kita kenal dengan budaya Jawa.
Budaya Jawa adalah suatu budaya yang dianut oleh masyarakat Jawa yang mengandung keseimbangan, keselarasan, dan juga keserasian. Jadi, semua unsur baik hidup atau mati itu haru selaras dan harus cocok satu sama lain. Budaya Jawa memiliki keyakinan bahwa apapun yang tidak selaras atau tidak sejalan maka sebaiknya dijauhi saja karena bisa mengganggu keseimbangan. Jika tidak seimbang, maka sebisa mungkin dibuat seimbang agar terjadi kecocokan. Budaya Jawa juga memiliki kelas sosial seperti golongan Priyayi dengan golongan rakyat biasa. Atau ada juga golongan Santri dengan golongan Abangan. Ada juga tingkatan sosial dalam berbahasa jawa seperti tingkatan yang paling rendah adalah ngoko, ngoko andhap, Madhya, madhyantara, kromo, kromo inggil, bagongan, dan yang terakhir adalah kedhaton. Biasanya, bahasa bagongan dan kedhaton ini adalah bahasa yang digunakan di lingkungan keluarga Kraton. Budaya Jawa adalah budaya yang terkenal akan kehalusan dan keselarasannya sehingga menimbulkan perasaan yang tenang dan tentram setiap berkunjung ke daerah Jawa karena kepercayaan yang mereka anut dari awal.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top