Makan tanpa sambal itu serasa hambar , gak manteb , kurang maknyus atau apalah bahasanya. Yang jelas sambal itu salah satu ciri khas masakan indonesia. Berbeda dengan Jepang yang mempunyai ciri khas masakan yang manis. Bagi anda orang sunda tentu sudah tahu sangat beraneka ragam sambal khas sunda
Supaya gak penasaran, silahkan lihat gambar dibawah dan ulasan dari Vivanews dibawah tentang Sambal khas Sunda dibawah ini.

 
Sambal bak magnet bagi masakan khas Sunda. Bersanding dengan lalapan dan suasana santai duduk lesehan, sambal adalah penambah gairah saat menyantap makanan. Nuansa penuh kenikmatan itu tak hanya bisa dijumpai di Bandung, Jawa Barat.
Di Jalan Otto Iskandar Dinata, Jakarta Timur, ada sebuah rumah makan yang menawarkan aroma khas Sunda. Rumah makan itu mengusung cita rasa pedas yang lekat dengan masakan Sunda, sebagai jargonnya. Nama restoran itu Satupa, alias sambal tujuh rupa.
Restoran itu dikenal sebagai rajanya sambal. Di setiap menu masakan, ada tujuh sambal yang disediakan. Yakni, sambal mangga, sambal belimbing, sambal dadak, sambal tomat, sambal pete, sambal ijo teri, dan sambal oncom. Masing-masing punya rasa khas yang berbeda.
Menariknya, semua sambal dibuat dengan cara tradisional. Untuk menjaga cita rasanya, bahan-bahan sambal baru ditumbuk atau diulek saat menu makanan dipesan. Hasil ulekannya pun kasar, sehingga masih terasa pedas dan segarnya.
Konsep Sunda memang sengaja diusung oleh Satupa sejak dibuka pada 2008. Tujuannya, memberi pilihan sajian berbeda dari rumah makan lain. Variasi sambal yang ditawarkan juga menambah nilai positif, terutama bagi para pencinta pedas.
Feby, pemilik Satupa mengatakan, ia memiliki menu yang jarang ditemui di rumah makan Sunda lainnya. Jika kebanyakan rumah makan Sunda hanya menyediakan nasi timbel dan nasi bakul, Satupa memiliki menu andalan: nasi kastrol.
Kastrol merupakan alat masak yang digunakan para petani di Jawa Barat untuk memasak nasi di ladang. Nasi yang dihasilkan pun disebut nasi kastrol. Nasi kastrol yang disajikan di Satupa, dilengkapi dengan teri, kemangi, dan bawang goreng.
Jangan lupa, lengkapi menu santapan itu dengan sambal tujuh rupa, lalapan, dan tahu krispi. Tertarik mencoba?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top