Hampir setiap tahunnya para pedagang kaki lima selalu melirik untuk berjualan kembang api jika sudah mendekati natal dan tahun baru. Hampir di ruas pinggir jalan dan bahkan di depan mall-mall gak pernah sepi dari pedagang kaki lima untuk menjajakan kembang api. Karena target market bukan hanya anak kecil saja tetapi orang dewasapun juga banyak yang membeli kembang api menjelang tahun baru. Bahkan hal ini juga pernah di ekspos dalam koran digitalnya detik.com. Berikut kutipannya :
bisnis kembang api menjelang tahun baru


Menjelang pergantian tahun, keriuhan mulai terlihat di sudut-sudut jalan. Berbagai jenis terompet telah disuguhkan para pedagang kaki lima. Ciri khas pergantian tahun lainnya adalah kembang api. Kemeriahan masyarakat merayakan pergantian tahun selalu ditandai oleh kembang api berbagai warna.
Di momen pergantian tahun baru kali ini, kembang api masih bebas diperjualbelikan pedagang kaki lima. Pantauan pada Selasa (24/12/2013), ada belasan lapak kembang api di pinggiran Jalan Bekasi Barat, Jatinegara, Jakarta Timur, yang menjajakan berbagai jenis kembang api. Mulai dari kembang api kawat, kupu-kupu, hingga kembang api berukuran besar yang ditembakkan ke udara, semua dijual bebas.

Rahmat (53), pria yang sehari-hari berprofesi sebagai penjual stiker saban tahun menjadikan praktik jual-beli kembang api sebagai penambah kocek. "Saya jualan kembang api ini untuk tambah penghasilan. ya lumayan kan jadi bisa double," ujar Rahmat.

Ayah tujuh orang anak ini mengklaim petasan dan kembang api yang dijualnya adalah legal. "Legal kok mas, buktinya setiap hari ada Satpol PP yang lalu lalang hanya menegur jika lapak kami terlalu banyak menyita hingga jalan. Tidak pernah menegur soal kembang api," ujarnya.

Tahun baru tinggal menunggu hitungan hari saja , sudahkah anda membeli kembang api untuk anak anda? Memang sebagian orang menganggap pesta kembang api di tahun baru ini adalah sebuah rutinitas yang mubazir. Memang sih sebisa mungkin kita tinggalkan kebiasaan mubazir ini sedikit demi sedikit dan kita ganti dengan kegiatan positif lainnya yang bisa membawa manfaat kita bersama di dunia dan akhirat . . .

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top