Hati-hati terhadap produk kecantikan yang didatangkan dari negara seberang, karena masih banyak yang ilegal menurut Menteri Perindustrian. Memang akhir-akhir ini banyak sekali produk-produk obat herbal yang banyak beredar di masyarakat Indonesia terlepas dari pengawasan Pemerinatah. Jadi pintar-pintarlah kita dalam mencari produk herbal baik untuk kecantikan maupun produk herbal lainnya. Seperti yang disampaikan oleh media online detik.com bahwa masih cuikup banyak produk kecantikan import yang perlu kita waspadai. Simak dibawah ini untuk lebih lengkapnya :

Produk kosmetik ilegal khususnya produk impor masih marak ditemui di pasaran. Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin menilai maraknya peredaran kosmetik ilegal ini bisa mengancam produk legal produksi lokal.

"Masih banyak produk kosmetik dan jamu masuk secara ilegal. Kalau masuk secara ilegal akan ganggu industri dalam negeri," kata Saleh di Kantor Kementerian Perindustrian usai membuka Pameran Industri Kosmetik dan Jamu, Jalan Gatot Subroto, Selasa (1/9/2015).

Menurut Saleh, langkah penegakan hukum pastilah dilakukan namun bukan kewenangan Kementerian Perindustrian. "Tentu ada langkah penindakan, tapi itu kewenangan instansi lain. Pintu-pintu masuk pelabuhan tikus yang harus diperketat," terangnya.

Penindakan, menurut Saleh dengan sendirinya bisa mendorong industri kosmetik dalam negeri. "Tindakan terhadap produk ilegal dengan sendirinya bisa mendorong industri lokal. Kita juga dorong industri kosmetik maupun jamu orientasi dalam negeri dengan memberi insentif fiskal, atau kebijakan lainnya seperti mempermudah perijinan," katanya.

Saleh melanjutkan, sebab saat ini industri kosmetik punya tantangan terus naiknya biaya produksi hingga logistik. "Biaya produksi naik, suku bunga maupun biaya logistik termasuk mahal. Makanya kita dorong supaya bisa terus tumbuh," imbuhnya.

Ia menambahkan, industri jamu dalam negeri punya potensi besar di tengah kekayaan tanaman herbal asli Indonesia yang sudah dipakai secara turun-temurun.

"Tentu kita tahu bahwa industri jamu misalnya betul-betul merupakan milik leluhur bangsa kita. Ini wajib kita perkenalkan dan harusnya saya juga menyarankan untuk kita selalu sebaiknya minum jamu agar badan menjadi lebih sehat," ungkapnya.

Industri jamu termasuk sektor yang bisa menyerap banyak tenaga kerja, namun pangsa pasarnya masih perlu terus didorong agar makin bisa menembus ekspor. "Industri jamu kita tahu bahwa salah satu yang menopang pertumbuhan ekonomi kita. Menyerap tenaga kerja yang cukup banyak di sektor yang lebih ke bawah. Kita terus mendorong agar orientasinya tidak hanya untuk pasar domestik tetapi juga ekspor. Apalagi jamu bahan bakunya 100% dalam negeri," tutur Saleh.

Data Kemenperin menunjukkan industri jamu menunjukkan omzet yang terus meningkat setiap tahun. Pada 2013 omzet industri jamu mencapai Rp 14 triliun dan meningkat pada 2015 mencapai Rp 15 triliun.

Pameran Industri Jamu dan Kosmetik sendiri diselenggarakan selama empat hari (1-4 September 2015) dibuka untuk umum yaitu pukul 09.00-17.00 WIB. Diikuti oleh 48 pelaku industri kosmetik dan jamu bertempat di Plasa Pameran area lobi Kemenperin lantai 1. Silahkan bagi anda yang berminat menghadiri, bisa datang langsung pada waktu dan tempat seperti diatas . . .

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top