buah manggis untuk kehamilan dan janin
Buah dan sayuran banyak sekali kandungan gizinya, itulah kenapa banyak ahli gizi menyarankan agar pada saat hamil banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Karena selain untuk sang janinjuga bermanfaat untuk ibunya sendiri.
Buah-buahan dan sayuran sangat dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan vitamin, enzim dan mineral yang masing-masing memiliki jumlah gizi yang berbeda. Bagi ibu hamil kebutuhan jumlah gizi menjadi meningkat mengingat proses di dalam tubuh tidak saja untuk kelangsungan kesehatannya akan tetapi juga untuk tumbuh kembang janin selama kehamilan. Selama kehamilan kebutuhan akan asupan nutrisi harus menjadi perhatian anda karena  akan mempengaruhi pertumbuhan janin disetiap periode kehamilan yang berhubungan dengan kelengkapan organ tubuh penting bayi. Pada dasarnya buah-buahan memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Pada saat kehamilan perubahan fisik dan psikologis yang terjadi mengakibatkan beberapa fungsi tubuh menjadi berubah, ini menjadi alasan untuk anda memilih buah-buahan yang tidak saja mengenyangkan akan tetapi memiliki nilai lebih bagi kesehatan janin anda.

3 buah yang disarankan untuk ditingkatkan konsumsinya selama masa kehamilan anda :

1.  Buah Kurma

Buah kurma sangat akrab bagi umat muslim ketika memasuki bulan ramadhan. Mereka sering menggunakan kurma sebagai menu wajib dalam berbuka dan sahur. Ternyata buah kurma yang mengandung serat tinggi, kalium, mangan, fosfor, besi, belerang, kalsium dan magenesium sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Buah kurma adalah buah yang memiliki tingkat tinggi gula, 60-65 % dibandingkan buah-buahan lainnya. Manfaat yang lain yang bisa anda dapatkan dari buah kurma adalah kandungan zat besi yang dapat membantu meningkatkan hemoglobin mengingat ibu hamil sangat rentan terhadap anemia. Mengatasi kram selama kehamilan yang didapat dari kandungan kalium. Memiliki jumlah vitamin B kompleks tinggi yang dibutuhkan selama kehamilan, kurma memiliki manfaat untuk kesehatan kehamilan dalam memperkuat dinding rahim dan juga bagi anda yang memasuki kehamilan trimester akhir buah kurma sangat baik dalam memberikan asupan energi mempersiapkan persalinan

2.  Buah Alpukat

Buah yang berasal dari meksiko ini tidak saja memberikan perlindungan untuk kecantikan kulit saja, penelitian yang menemukan adanya hubungan gizi buah alpukat dengan kesehatan ibu hamil. Di dalam buah alpukat terdapat asam folat, kalium dan vitamin B kompleks yang dibutuhkan dalam perkembangan janin selama kehamilan. Buah alpukat memiliki jumlah asam folat yang tinggi yang mempunyai peranan dalam membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin. Pada awal kehamilan asam folat sangat dibutuhkan dalam jumlah yang tinggi, untuk itu anda persiapkan dengan mengkonsumsi buah alpukat dalam porsi yang seimbang setiap harinya. Selain itu kandunganan vitamin B kompleks di dalam alpukat digunakan dalam mengatasi mual dan muntah selama kehamilan periode pertama.

3.  Buah Manggis
Kandungan yang terdapat di dalam buah manggis mampu memberikan asupan nutrisi selama kehamilan. Buah manggis mengandung vitamin C berperan di dalam daya tahan tubuh selama kehamilan dan menjaga elastisitas kulit anda selama kehamilan diakibatkan adanya pertumbuhan janin yang semakin membersar. Kandungan lain yang terdapat di dalam buah manggis adalah asam folat dan mangan. Asam folat untuk membantu dalam menurunkan resiko bayi prematur atau kelainan janin seperti cacat organ tubuh bayi. Sedangkan mangan untuk melindungi anda dan janin dari beberapa ancaman lingkungan dan makanan seperti radikal bebas, fungsi lainnya dari mangan adalah dalam membantu pembentukan tulang rawan dan kerangkan janin. Itulah begitu pentingnya manfaat buah manggis untuk ibu hamil.

Sumber : bidanku

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top